Kamis, 24 Desember 2015

API YANG MENGUMPULKAN MANUSIA

Dan di antara tanda – tanda Qiamat adalah keluarnya api yang sangat besar, ia adalah tanda terakhir dari tanda – tanda besar Qiamat, dan sebagai tanda pertama yang mengisyaratkan tegatnya Qiamat.


1.   Tempat Keluarnya
Banyak riwayat yang menunjukan bahwa api tersebut akan keluar dari Yaman, yaitu dari jurang ‘Adn. Berikut hadist – hadist yang menjelaskannya :
a.       Hadist Hudzaifah bin Asid Ra. ketika menyebutkan tanda – tanda ( besar ) Qiamat, sabda Rasulullah SAW : “dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat berkumpul.”HR. Muslim,dalam kita al-fitanwa asyraathus saa’ah.
b.      Dari Ibnu Umar Ra. Beliau berkata Rasulullah SAW bersada :” Akan keluar apidari Hadramaut atau laut Hadramaut sebelum hari Qiamatyang akan menggiring manusia.”HR.Imam Ahmad dan Imam At-turmidzi.
c.       Dari Anas Ra. bahwa Abdullah bin Salam ketika masuk islam bertanya kepada Nabi SAW tentang beberapa masalah, di anataranya :”apakah tanda pertama datangnya Qiamat?” Lalu Nabi SAW menjawab,”adapun tanda Qiamat yang pertama adalah api yang mengumpulkan manusia dari timur ke barat”.HR.Bukhari.
2
.      2. Cara Api Tersebut Mengumpulkan Manusia
 Ketika api yang besar tersebut muncul dari Yaman, maka ia akan menyebar di bumi dan akan      menggiring manusia ke tempat mereka di kumpulkan, dan mereka terbagi menjadi tiga kelompok :
a.   Kelompok yang penuh suka cita, mereka makan, mengenakan pakaian, dan menaikan kendaraan.
b.  Kelompok terkadang berjalan dan terkadang manaiki kendaraan, mereka semua saling bergantian dengan satu unta
c.      Kelompok yang akan digiring dengan api, mereka digiring oleh api dari belakang dan dari segala penjuru ke tempat mereka di kumpulkan, barang siapa terlambat, maka ia akan di makan oleh api.( kitab an-nihaayah/al-fitan wal malaahim)

Di antara hadist – hadistnya:
-          Dari Abu Hurairah Ra. Dari Nabi SAW bersabda :


  "Manusia Itu dikumpulkanmenjadi tiga kelompok : kelompok orang yang bersuka ria,kelompok yang merasa takut, dan kelompok di mana dua orang di atas unta, tiga orang di atas unta, empat orang di atas unta, dan sepuluh orang di atas unta, dan selebihnya digiring oleh api, api ini akan selalu bersama mereka di saat mereka istirahat, di saat mereka bermalam, di waktu pagi, dan di wkatu sore hari ( Sahih Bukhari dan Muslim )




-    Dari Huzdaifah bin Asid Ra., Beliau Rasulullah SAW berkata, "Abu Dzarr Ra berdiri, lalu beliau berkata :" Wahai bani Ghifar!bersatulah dan janganlah kalian berselisih, karena ash-Shaadiqul Mashduuq SAW telah bersabda kepadaku," sesungguhnya manusia akan di kumpulkan dalam tiga kelompok : satu kelompok yang mengenakan pakaian, di beri makan, dan berkendaraan, satu kelompok yang berjalan dan berlari, dan satu kelompok lain yang wajah - wajahmereka diseretoleh para malikat dan digiring menuju api,"lalu seseorang dari mereka berkata," dua kelompok ini sudah kami ketahui, maka bagaimana keadaan orang yang berjalan dan berlari ?' Beliau menjawab," Allah mengirimpenyakit yang mematikanpada binatang tunggangan mereka hingga tidak ada yang tersisa, bahkan seorang memiliki kebun yang sangat bagus akan ditukarnya denga unta betina yang gemuk yang memiliki pelana, akan tetapi orang tersebut tidak bisa melakukannya ( memilikinya ) HR Imam Ahmad, Annasa'i, Al hakim

3 3 .      Tempat mereka dikumpulkan
Pada akhir zaman manusia digiring ke Syam, yaitu tempat berkumpulnya manusia, sebagaimana dijelaskan hadist – hadist berikut :
a.       Dari Ibnu Umar Ra. ketika menjelaskan keluarnya api, di dalamnya diungkapkan : beliau berkata, kami bertanya ,”wahai Rasululullah! Apa yang engkau perintahkan kepada kami?” Beliau menjawab,”Hendaklah kalian berkumpul di Syam ( Imam Ahmad dan Tirmdzi )
b.      Dari Hakim bin Mua’awiyahal-bahzi dari ayahnya...( lalu beliau menuturkan hadist, dan di dalamnya ada sabda Nabi SAW),
“di tempat inilah kalian akan dikumpulkan, di tempat inilah kalian akan dikumpulkan, di tempat inilah kalian akan dikumpulkan( sebanyak tiga kali),dengan berkendaraan, berjalan dan dengan diseret di atas wajah – wajah kalian.”(Imam Ahmad)
c.       Dari Abdullah bin Amr, beliau berkata,”aku mendengar Rasulullah SAW bersabda :
‘Akan ada hijrah setelah hijrah, manusia pergi munuju tempat hijrah Nabi Ibrahim AS, tidak tersisa di muka bumi kecuali orang – orang yang jelek, bumi – bumi tempat mereka berpijak akan melemparkan mereka, demikian pula Dzat Allah membenci mereka, api akan mengumpulkan mereka bersama kera dan babi, api akan selalu bersama mereka ketika mereka bermalam, atau ketika mereka beristirahat, dan api itu akan memakan orang yang tertinggal”. Imam Ahmad, Abu Daud..( S )
Sumber : Buku Hari Kiamat Sudah Dekat Karya Syeikh Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil





0 komentar:

Posting Komentar