Selasa, 05 Januari 2016

SEHAT DENGAN KLENGKENG

garansizone.blogspot.com-Klengkeng, buah yang satu ini cukup akrab dengan kita. Rasanya segar dan manis. Mudah didapatkan dan harganya pun tidak terlalu mahal. Nah, dibalik kemungilan klengkeng ini, ternyata terdapat banyak mamfaat.
Beberapa manfaat mengkomsumsi buah klengkeng di antaranya :

1.       Buah klengkeng mengandung vitamin C dalam kadar tinggi. Dalam 350 Gr, klengkeng terdapat 84 miligram viotamin C. Jumlah vitamin C ini sudah setara dengan 93 persen rekomendasi asupan vitamin C harian bagi tubuh, yaitu sebanyak 90 miligram bagi pria dan 100 persen bagi wanita, yaitu 75 miligram bagi wanita. Karenanya, sering mengkomsumsi buah klengkeng ( Longan ) dapat menjaga Anda dari kondisi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit degenerasi makular ( penyakit pada mata ) akibat pertambahan usia serta berbagai tipe kanker.

2.       Klengkeng kering dapat menambah asupan zat besi bagi tubuh. Dalam setiap 350 klengkeng kering mengandung sekira 5 miligram zat besi. Jumlah yang setara dengan 62 persen rekomendasi harian untuk pria dan 28 persen rekomendasi harian untuk wanita.


3.       Pada klengkeng terdapat riboflavin yang merupakn bagian dari vitamin B kompleks. Riboflavin bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata terutama dari penyakit katarak. Memakan sekita 350 gram klengkeng yang dikeringkan sudah memberikan suplai 38 persen riboflavin yang diperlukan pria dan 45 persen yang dibutuhkan wanita ( ar-risalah )

Catatan :
Riboflavin, dikenal juga sebagai vitamin B2, adalah mikronutrisi yang mudah dicerna, bersifat larut dalam air, dan memiliki peranan kunci dalam menjaga kesehatan pada manusia dan hewan. Vitamin B2 diperlukan untuk berbagai ragam proses seluler. Sepertivitamin B lainnya, riboflavin memainkan peranan penting dalam metabolisme energi, dan diperlukan dalam metabolisme lemak, zat keton, karbohidrat dan protein. Vitamin ini juga banyak berperan dalam pembetukkan sel darah merah, antibodi dalam tubuh, dan dalam metabolisme pelepasan energi dari karbohidrat.


Susu, keju,sayur hijau, hati, ginjal, kacang-kacangan seperti kacang ragi, jamur dan badam merupakan sumber utama vitamin B2, namun paparan terhadap cahaya akan menghancurkan riboflavin.







1 komentar: