Selasa, 16 Februari 2016

Lenyapnya Orang - Orang Shalih

garansizone.blogspot.com_Di antara tanda – tanda Kiamat adalah lenyapnya orang – orang shalih, baca juga :Api Yang Mengumpulkan Manusia , sedikitnya orang – orang pilihan, dan banyaknya kejahatan sehingga yang ada hanyalah seburuk – buruk manusia, kepada merekalah Kiamat akan datang.


Dijelaskan dalam sebuah hadits dari 'Abdullah bin 'Amr Ra beliau berkata,” Rasulullah SAW bersabda :


“Tidak akan tiba hari Kiamat hingga Allah SWT mengambil Orang – orang baik dari penduduk bumi, sehingga yang tersisa hanyalah Orang- orang jelek, mereka tidak mengetahui yang baik dan tidak meningkari yang munkar,’’’1

Maknanya bahwa Allah akan mewafatkan orang – orang baik dan para Ulama, lalu yang tersisa hanyalah orang – orang jelek yang tidak ada kebaikan di dalam diri mereka. Hal ini terjadi ketika ilmu diambil, sementara manusia menjadikan orang – orang bodoh sebagai pemimpin yang memberikan fatwa tanpa ilmu.

Lenyapnya orang – orang shalih terjadi ketika banyaknya kemaksiatan, ketika amar ma’ruf nahi munkar ditinggalkan. Karena, jika orang – orang shalih melihat kemungkaran, lalu mereka tidak mengubahnya dan kerusakan semakin banyak, maka siksaan akan turun kepada mereka semua.

Nabi Muhammad SAW ditanya : “ Apakah kami akan binasa sementara orang – orang shalih masih ada di antara kami?” Beliau menjawab,”Betul, ketika kemaksiatan merajalela.”2

Sumber : Buku Hari Kiamat Sudah Dekat Karya Syeikh Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil


1 Musnad Ahmad(XI/181-182)
2 Shaahih Bukhari


0 komentar:

Posting Komentar